Kamis, 28 Maret 2013

Analisis Survey




Analisis Hasil survey

“Survei Psikologi ( Juliandri Estomihi - 111402067 )”


Pada kelas mata kuliah Pengantar Psikologi Umum, saya mendapatkan pengalaman dan pelajaran baru yaitu dalam membuat survey online yang berkaitan dengan Psikologi serta implikasinya pada bidang IT, padahal ebelumnya saya belum melakukannya . Survey ini dilakukan sehubungan dengan pemenuhan tugas mata kuliah Pengantar Psikologi Umum  Tujuan dari survey ini yaitu untuk mengetahui besar minat mahasiswa Program Studi Teknologi Informasi dalam bidang IT dan Psikologi.

Jumlah respondennya yaitu sebanyak 31 orang yang semuanya merupakan mahasiswa Teknologi Informasi Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Universitas Sumatera Utara.

Berikut hasil analisis survey yang telah dilakukan oleh para responden:


Pertanyaan 1
Hal apa yang muncul di benak Anda ketika mendengar kata Psikologi?
Analisis      :
Psikologi adalah ilmu yang mempelajari kejiwaan/pemikiran seseorang melalui sifat,sikap,dan tindakan,raut muka yang dilakukan oleh melalui penginderaan manusia.

Pertanyaan 2
Menurut Anda seberapa penting Psikologi dalam dunia IT?
 




Sangat Penting723%
Penting2168%
Biasa saja26%
Tidak Penting13%


Analisis      : Sebagian besar responden mengatakan bahwa Psikologi penting dalam dunia IT. Responden yang menjawab Biasa saja dan Tidak penting mengartikan bahwa menurut mereka Psikologi dalam dunia IT itu hanya perlu sekedar saja sebagai pengantar.

Pertanyaan 3
Topik apa yang paling Anda sukai dalam Mata Kuliah Psikologi Umum?

Dasar-dasar Biologis Perilaku517%
Perkembangan Individu310%
Sensasi dan Persepsi2273%
Teori Belajar00%
Analisis      :
  • Mayoritas Responden menjawab Sensasi dan Persepsi yaitu sebanyak 22 responden (73%).
  • 5 Responden menjawab Dasar-dasar Biologis Perilaku yaitu sebanyak 5 responden (17%).
  • 3 Responden menjawab Perkembangan Individu yaitu sebanyak 3 responden (10%).
  • Tidak satupun Responden menjawab Teori Belajar.


Pertanyaan 4
Berikan alasan Anda dari pertanyaan sebelumnya
Analisis      :
  • Dasar-dasar Biologis Perilaku : Alasan 5 Responden memilih topik ini adalah karena topik ini membahas hal yang menghubungkan antara perilaku seseorang dengan proses yang sebenarnya terjadi di dalam diri seseorang.
  • Perkembangan Individu : Alasan 3 Responden memilih topik ini adalah karena mereka ingin mengenal diri sendiri dan orang lain,sehingga bisa beradaptasi dengan lingkungan dimana dia berada.
  • Sensasi dan Persepsi : Alasan Mayoritas Responden memilih ini adalah karena materi ini cukup mudah diserap karena disertai dengan contoh-contoh kasus yang dekat dengan kehidupan sehari-hari. 
  • Teori Belajar : Dari tidak adanya responden yang memilih topik ini, dapat ditarik kesimpulan bahwa tingkat daya serap responden mengenai topik masih rendah.


Pertanyaan 5
Sebagai mahasiswa TI, Bidang IT apa yang anda sukai?


Programming611%
Web2138%
Multimedia1323%
Database1323%
Lainnya35%
Analisis      :
Para Responden cenderung lebih menyukai bidang IT Web yang dipadukan dengan Database atau Multimedia . 
Pada pilihan Lainnya, responden menjawab Bisnis Online, Jaringan Komputer dan ada yang menjawab masih belum tahu



Pertanyaan 6
Berikan alasan untuk pertanyaan sebelumnya
Analisis      :

Dari hasil survey yang dilakukan oleh para responden, Mayoritas Responden memilih Web,karena pada bidang Web mereka lebih bisa berimajinasi dan berkreasi, apalagi jika dipadukan dengan Database dan Multimedia. Beberapa Responden yang memilih Programming, karena menurut mereka Programming itu mudah dimengerti, menjadi hobby, dan merupakan tujuan masuk Teknologi Informasi.




Pertanyaan 7
Apakah kesan Anda terhadap survey ini?
Analisis      :
Sebagian besar Responden menjawab lumayan, beberapa menjawab biasa saja, ada juga yang mengkritik karena textbox dan pertanyaannya cukup banyak, dan ada juga yang memberi saran agar kontennya ditambah lagi.


Testimoni
Survey online ini merupakan pengalaman pertama saya dan dan dapat digunakan sebagai  pembelajaran kedepan nantinya. Setelah melakukan survey ini saya merasa kalau survey secara online lebih efisien dalam hal biaya dan penggunaan kertas karena paperless daripada survey pada umumnya. 
Survey ini juga lebih akurat dan mudah di pahami karena responden bisa mengisi pertanyaan – pertanyaan dimana saja dia mau, sehingga jawaban – jawaban yang diberikan akan lebih baik. Sehingga lebih mudah untuk di ambil kesimpulannya, apalagi dengan bantuan Spreadsheet dari Google. Menurut saya, survey seperti ini dirasakan perlu dilakukan pada masa mendatang, contohnya pada saat penyusunan Tugas Akhir (TA), survey seperti ini dapat dijadikan tambahan untuk pengumpulan data.Semoga Analisis ini berguna untuk kita semua.

1 komentar:

  1. Harrah's Hotel Lake Tahoe, Stateline - Vie Casino クイーンカジノ クイーンカジノ 메리트 카지노 쿠폰 메리트 카지노 쿠폰 94Asian Handicap - Asian Handicap - AsianHandicap - AiGadin.com

    BalasHapus